Analisis Kepuasan Pemustaka Terhadap Layanan Anak dan Remaja di Perpustakaan Jakarta Cikini dalam Dimensi Libqual+TM
Clarissa Salsabila Putri - Personal Name
Nuryudi - Personal Name

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan pemustaka terhadap
layanan anak dan remaja di Perpustakaan Jakarta Cikini berdasarkan persepsi,
harapan minimum, dan harapan ideal pemustaka dengan menggunakan metode
LibQual+
TM. Pengukuran dilakukan berdasarkan tiga dimensi yang dijadikan
indikator pengukuran yaitu Affect of Service, Information Control, Library as
Place. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan
kuantitatif. Tehnik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner. Sampelnya
yaitu pemustaka yang menggunakan layanan anak dan remaja selama bulan Mei
2024 sebanyak 100 orang. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kepuasan
pemustaka berdasarkan dimensi Affect of Service diperoleh Adequacy Gap (AG)
positif dengan skor 2,7 dan Superiority Gap (SG) dengan skor 0,3. Pada dimensi
Information Control diperoleh Adequacy Gap (AG) positif dengan skor 2,75 dan
Superiority Gap (SG) dengan skor 0,15. Kemudian pada dimensi Library as Place
diperoleh Adequacy Gap (AG) positif dengan skor 2,7 dan Superiority Gap (SG)
dengan skor 0,3. Kepuasan pemustaka dari keseluruhan dimensi dalam metode
LibQual+
TM pada layanan anak dan remaja di Perpustakaan Jakarta Cikini
memperoleh hasil Adequacy Gap (AG) yang bernilai positif dengan skor 2,7 yang
menunjukkan bahwa pemustaka sudah puas dan Superiority Gap (SG) bernilai
positif dengan skor 0,25 yang menunjukkan bahwa kualitas layanan dinilai sangat
baik dan sudah mampu memenuhi harapan ideal yang diinginkan oleh pemustaka.
layanan anak dan remaja di Perpustakaan Jakarta Cikini berdasarkan persepsi,
harapan minimum, dan harapan ideal pemustaka dengan menggunakan metode
LibQual+
TM. Pengukuran dilakukan berdasarkan tiga dimensi yang dijadikan
indikator pengukuran yaitu Affect of Service, Information Control, Library as
Place. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan
kuantitatif. Tehnik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner. Sampelnya
yaitu pemustaka yang menggunakan layanan anak dan remaja selama bulan Mei
2024 sebanyak 100 orang. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kepuasan
pemustaka berdasarkan dimensi Affect of Service diperoleh Adequacy Gap (AG)
positif dengan skor 2,7 dan Superiority Gap (SG) dengan skor 0,3. Pada dimensi
Information Control diperoleh Adequacy Gap (AG) positif dengan skor 2,75 dan
Superiority Gap (SG) dengan skor 0,15. Kemudian pada dimensi Library as Place
diperoleh Adequacy Gap (AG) positif dengan skor 2,7 dan Superiority Gap (SG)
dengan skor 0,3. Kepuasan pemustaka dari keseluruhan dimensi dalam metode
LibQual+
TM pada layanan anak dan remaja di Perpustakaan Jakarta Cikini
memperoleh hasil Adequacy Gap (AG) yang bernilai positif dengan skor 2,7 yang
menunjukkan bahwa pemustaka sudah puas dan Superiority Gap (SG) bernilai
positif dengan skor 0,25 yang menunjukkan bahwa kualitas layanan dinilai sangat
baik dan sudah mampu memenuhi harapan ideal yang diinginkan oleh pemustaka.
Ketersediaan
SP24054 | SKR IPI 24054 | Perpustakaan FAH (Skripsi IPI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR IPI 24054
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR IPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Perpustakaan Jakarta Cikini
Layanan Anak dan Remaja, Perpustakaan Umum, Metode
Perpustakaan Umum, Metode LibQual+ TM, Perpustaka
Metode LibQual+ TM, Perpustakaan Jakarta Cikini
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Clarissa Salsabila Putri
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas